Iedul Fitri-Another Copas from My Ukhti

Tuesday, September 23, 2008

Bismillahirrahmanirrahim

Assalamu'alaikum...............

Sisters and Brothers in Muslim .....
Here I am back again with some reminders especially for myself and hope you are glad in receiving them .....

Dalil yang mendasari aku menulis dalam rangka mengingatkan adalah:
QS Adz Dzariyaat (51):55 "Tetaplah memberi peringatan, karena sesungguhnya peringatan itu bermanfaat bagi orang-orang yang beriman"
QS Qaaf (50) : 45 ".....Maka beri peringatanlah dengan Alquran orang yang takut kepada ancaman-KU"
QS Al 'Ashr (103) : 3 "Kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasehat dan menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat dan menasehati supaya menetapi kesabaran"

So based on above chapters and verses from the Almighty Allah allow me to reminds myself and yourselves.....

Biasanya di akhir-akhir Ramadan kita akan disibukkan dengan sms ucapan maaf lahir bathin. Tentunya kita berharap ucapan-ucapan tersebut menjadi bagian dari amal soleh kita. Kemudian keluarga besar kumpul dan kitapun bermaaf-maafan

Saudaraku, diperlukan 2 syarat agar ibadah kita diterima yaitu;
1. Ikhlas
2. Mengikuti contoh Rasulullah

Insya Allah kita menjalankan ibadah dengan ikhlas dan supaya bisa sesuai dengan yang dicontohkan oleh Rasullulah, mari kita lihat teladan dari Rasullulah dalam merayakan Idul Fitri (di ambil dari kitab Meneladani Rasullullah Sallallahualaihiwasallam oleh Syaikh Ali bin Hasan)
1. Memakai pakaian terbaik - Ibnu Qoyyim berkata di kitab Zaadul Ma'aad "Nabi biasa berangkat ke tanah lapang pada Hari Raya 'Idul Fitri dan Idul Adha' dengan pakaiannya yang paling bagus.
2. Sunnah melakukan sholat di tanah lapang. Dalilnya adalah Rasullullah meninggalkan mesjid Nabawi (yang mempunyai keutamaan 1000x lebih baik dibandingkan sholat di mesjid lain) dan berangkat ke tanah lapang.
3. Berangkat dan pulang dari tempat pelaksanaan sholat melalui jalan yang berbeda. Dalilnya Hadis Riwayat Bukhari dari sahabat Jarir "Jika hari Raya Ied tiba, Nabi biasa mengambil jalan lain ketika berangkat dan pulang"
4. Makan sebelum berangkat ke tanah lapang. HR Bukhari, Ahmad, Tirmidzi, dari sahabat Anas "Nabi tidak berangkat ke tempat sholat pada hari Raya Idul Fitri sampai beliau memakan beberapa buah kurma terlebih dahulu.
5. Ucapan selamat pada Hari Raya; (a) Fatwa Syaikul Islam Ibnu Taimiyah, ucapan setelah sholat Ied adalah "taqabbalallahu minna waminkum"-Semoga Allah menerima amal kami dan amal kalian (b) Imam Ahmad bin Hambal, berfatwa beliau tidak akan memulai ucapan tersebut, tetapi bila ada yang mengucapkan, beliau akan membalasnya (c) Ibnu hajar dalam Fathul Baari (Syarah Sohih Bukhari) mengatakan sahabat Rasullullah jika bertemu pada hari Ied, sebagian mereka melakukannya.

Semoga dengan sedikit ilmu ini kita semua bisa memperbaiki amal dan mudah-mudahan Allah mudahkan kita semua dalam mengamalkannya, amin ya Rabbil'alamin.

Wassallam

Ernita

4 comments:

Anonymous said...

Terima kasih atas Artikelnya yang sangat bermanfaat, kita sesama moslem harus saling mengingatkan.

Defi said...

@herlan sama2 ya :)

budhe said...

Taqabbal ya Kariiimah...mohon maaf lahir batin juga artikelnya informatif sekali...makasih ya Mba' Defi...smoga Allah Ta'alla membalas dengan kebaikan yang banyak.Amien..

Defi said...

@budhe fakhrun Amiiin..makasih jg, budhe! Ini jg copas aja dr imel tmnku :P