Ramadhan Mubarak

Friday, September 12, 2008

The following is a writing from my lovely akhwat fillah, Ernita Tarigan, copied from her e-mail..

Bismillahirrahmannirrohim

Ikhwatul Iman A'azaniyallahu wa iyyakum saya sampaikan salam penghormatan Islam, yang baik dan diberkahi: Assalamu'alaikum wa rahmatullah wa barakatuh.

None Has the right to be worshipped but Almighty Allah. May Allah always be with you and your family, amin ya Rabbil'alamin

Saudara saudariku yang di Rahmati Allah, tulisan kecil ini sebagai peringatan untukku sendiri dan mudah-mudahan bermanfaat untuk antum sekalian....

11 hari yang mulia telah kita lalui, semoga Allah menerima semua ibadah-ibadah kita, amin ya Rabbil'alamin.

Saudaraku, Syaikul Islam Ibnu Taimiyah mendefenisikan bahwa ibadah adalah segala sesuatu yang dicintai Allah dan diridhoi Allah baik berupa perktaan, perbuatan yang zahir maupun yang batin.

Bulan Ramadan adalah bulan bazaar. Artinya Allah lagi bagi-bagi pahala bagi siapa saja yang mau mendapatkannya. Ibadah apapun yang kita lakukan Allah akan lipat gandakan balasannya, Insya Allah.

Question is that, apa yang sudah kita lakukan di 11 hari yang lalu? Bagaimana dengan kualitas sholat kita? Kualitas lisan kita? Kualitas doa kita? Kualitas puasa kita? Kualitas malam-malam kita?
Apakah sholat kita masih sama, masih sulit melakukannya awal waktu? Masih belum sempat zikir kepada Allah?

How about kualitas doa kita? Allah menempatkan ayat mengijabah doa diantara ayat-ayat Ramadan. QS Albaqarah ayat 186 "dan apabila hamba-hambaKu bertanya kepadamu tentang Aku, maka jawablah, bahwasannya Aku dekat, Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepadaKu, maka hendaklah mereka memenuhi segala perintahKu dan hendaklah mereka beriman kepadaKu agar mereka selalu dalam kebenaran".
Sudahkan airmata kita mengalir memohon ampunan Allah? Lihat saudaraku bagaimana orang-orang soleh, para Imam masjidil Haram, Nabawi menangis dan berhenti melanjutkan lantunan ayat-ayat Allah dan munajat kepada Allah, memohon bebas dari api neraka....Sungguh merugi seorang hamba yang keluar dari bulan Ramadan tanpa ampunan & belum mendapatkan gelas takwa seperti yang dijanjikan Allah di QS Albaqoroh ayat 183.
Saudaraku tahukan antum bahwa bulan Ramadan termasuk waktu-waktu dimana Allah akan mengijabah doa-doa hambanya? Perbanyak permohonan ampunan kepada Allah....

Bulan Ramadan adalah bulan Quran. Quran turun dibulan Ramadan. Remember malaikat Jibril Alaihi Salam penghulu para malaikat hanya turun sekali setahun ke dunia, tidakkah bergetar menunggunya? World cup, Euro ditunggu dan ditongkrongi, bagaimana dengan malaikat Jibril? Sudahkan malam-malam mulia ini diiisi dengan membaca, memahami Quran? Belumkah sampai kepadamu berita dari Rasullullah dari sahabat Abu Umamah diriwayatkan oleh Imam Muslim, bersabda "bacalah Quran, karena ia akan datang di hari Kiamat sebagai pemberi syafaat bagi pembacanya". Sudah berapa juzz yang dibaca? Let me ask you again, belum pernah dibuka? Atau sudah khatam? Saudaraku pernah dengar kisah Imam Syafei? Sang imam mengkhatamkan Quran sebanyak 60 kali dalam Ramadan artinya 2 kali khatam dalam sehari dan semuanya dilakukan dalam sholat. Subhanallah! Allahuakbar! Betapa panjang malam-malamnya yang diisi dengan membaca Quran....how about us? Tidakkah tergerak hati kita? Begitu kerasnya kah hati kita? Saudaraku, watch out, Imam Ibnu Qoyyim berkata, kerasnya hati seorang hamba diakibatkan banyaknya dosa dan maksiat yang dilakukan sehingga cahaya Quran tidak bisa menembusnya. Dengarkan saudaraku, bagaimana Rasul berdoa kepada Allah, "ya Allah jadikan Quran sebagai cahaya hatiku, jadikan Quran sebagai pelipur laraku......".

Saudaraku dimana kecintaan kita kepada Allah? Dimana perjuanganmu? Masih sibuk berbuka puasa bersama, sementara sebagian peserta tidak melaksanakan ibadah shaum? Bahkan sampai lupa sholat? Sudah begitu jauhkan kita semua dari mengisi hari-hari dibulan mulia ini?

Bulan Ramadan bulan sedekah. Sudahkan kita contoh Rasul kita yang mulia bersedekah setiap hari? basic question, have you calculated your zakat yang paid? Remember everything belongs to Allah, kita cuma dititipin, ya setidaknya bayarlah biaya pakai. It's only 2.5%. Your food, your clothes, hanging around, you pay a lot more! Think, this is another ticket to Paradise, don't miss it! Our prophet was the most generous people in the world and you know what he did? In this special month, our prophet Muhammad lebih dermawan lagi melebihi kedermawanan angin yang bertiup!
QS At Taubah (9) ayat 103, "Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka..." Zakat akan membersihkan kita dari dosa dan maksiat, membuat kita tidak mencintai dunia....

Bulan Ramadan bulan menahan hawa nafsu. Firman Allah QS Al Mukminun (23) ayat 71 "Andaikata kebenaran itu menurut hawa nafsu mereka, pasti binasalah langit dan bumi ini dan semua yang ada didalamnya. Sebenarnya Kami telah mendatangkan kepada mereka kebanggaan mereka tetapi mereka berpaling dari kebanggaan itu". Again, bulan bazaar, selain dari ibadah yang sudah dibahas, lets talk about shaum itself! Puasa adalah menahan diri dari syahwat dan keinginan. Makan, minum, lisan, mata. Meninggalkan yang kita sukai/cintai menuju sesuatu yang agung yaitu Ridho Allah. Orang yang berpuasa diperintahkan untuk melakukan amalan-amalan ketaatan dan menjauhi berbagai kemaksiatan. Sabda Rasul yang diriwayatkan oleh Iman Bukhari "barangsiapa yang tidak meninggalkan kebodohan, perkataan dusta, dan mengamalkannya, maka Allah tidak membutuhkan kepada perbuatannya dalam meninggalkan makan dan minum". Saudaraku puasa bukan cuma tidak makan dan tidak minum tapi juga yang lainnya. Mari kita lihat apa yang dijanjikan Allah melalui RasulNya kepada orang-orang yang shaum (Hadis Riwayat Muslim) " satu kebaikan dalam tiap amalan anak Adam akan dibalas dengan 10 sampai 700x lipat. Lalu Allah berfirman "kecuali puasa, sesungguhnya ia untukKU dan Aku yang akan membalasnya. Pelakunya telah meninggalkan syahwat dan makannya karena Aku". Saudaraku mari kita tingkatkan kualitas shaum kita...masih banyak kesempatan.....

Last but not least in this opportunity...sudahkah kita menghinakan diri kita dihadapan Allah? 10 malam terkahir segera menjelang...satu malam diantara 10 hari terakhir di bulan ramadan ada yang namanya 'malam lailatul qadar'. This is the only time Malaikat Jibril turun ke dunia....coming soon...have you prepared? Apa keistimewaan malam lailatul qadar? Allah menyebutkan keistimewaan malam tersebut di QS Al Qadr (97) ayat 1 sampai 5 " Sesungguhnya Kami telah menurunkan Quran pada malam kemuliaan. Dan tahukah kamu apa malam kemulian itu? Malam kemulian itu lebih baik dari 1000 bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Allah untuk mengatur segala urusan. Malam itu penuh kesejahteraan sampai terbit fajar". Ayat-ayat ini dijelaskan lagi oleh Allah di QS Ad Dukhaan (44) ayat 4 sampai 7 " Pada malam itu dijelaskan segala urusan yang penuh hikmah - segala perkara yang berhubungan dengan kehidupan makhluk seperti hidup, mati, rezki, untung baik, untung buruk. Yaitu urusan besar dari sisi Kami (Allah dan tentaraNya), sesungguhnya Kami adalah yang mengutus rasul-rasul sebagai rahmat dari Allah...."

Saudaraku...wake up...dan bersemangat dalam mengisi hari-hari Ramadan yang sudah bersemi sejak 11 hari yang lalu....take everything that prepared By Allah for hambaNya by filling your day dengan semua yang dicintai dan diridhoi Allah.....

Ya Allah, Engkau Maha Pemaaf, Maafkanlah kami......Amin ya Rabbil'alamin

Ernita

0 comments: