The Last 10 Days in Ramadhan

Tuesday, September 16, 2008

Here is another writing from my sister fillah, Ernita. Hope this writing can brighten up your life..

Sisters and Brothers in Muslim Yang di Rahmati Allah
Wish you the best regards from Allah,
Assalamu'alaikum, May Allah always guide us and our family, Amin Ya Rabbil'alamin
Just a reminder, we are coming to the last 10 days in ramadan very soon....What is so special about the last 10 days in Ramadan? Lets see what our prophet Muhammad Sallallahualaihiwasallam did thousands years ago. According to Aisyah Radiallahuanha "Bahwasannya Nabi Sallallahualaihiwasallam sungguh-sungguh pada sepertiga akhir bulan Ramadan, melebihi kesungguhannya di waktu yang lain" (HR Muslim).
Di riwayat yang lain (HR Bukhari dan Muslim) dari Aisya Radiallahuanha "Jika Nabi Sallallahualaihiwasallam memasuki sepertiga akhir bulan Ramadan, beliau mengencangkan sarungnya, manghidupkan malamnya, dan membangunkan keluarganya".You guys may say like this, well that was The Prophet and I am working! Akukan bekerja! How can I stay all night long? That's the idea....sisters and brothers.....we claim that we are a good planner. We plan everything, new house, new car, kids, vacation...everything, you name it....How about next life? Have you ever planned your next life? Or think about it? Have you ever planned for the last 10 days in Ramadan? Pernah bikin plan atau terpikir untuk melakukan sesuatu di 10 hari terakhir bulan Ramadan. For example, take a leave and put all the effort to get the Night of Power (Malam lailatul Qadar)? To remind all of us and hope motivate myself and yourselves, lets see what is so special about the last 10 days in Ramadan.
Based on QS Al Qadr (97): 1-5, QS Ad Dukhaan (44):1-7, QS Al Baqarah (2) : 185,
(1) Quran diturunkan di malam Qadar (sekaligus dari Allah ke langit dunia, dan dari langit dunia secara bertahap kepada seluruh umat melalui Rasul Sallallahualaihiwasallam selama 23 tahun)
(2) lebih baik daripada 1000 bulan. HR Bukhari dan Muslim dari sahabat Abu Hurairah "Barangsiapa yang melakukan sholat di malam Lailatul Qadar karena iman dan pengharapan niscaya akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu". Artinya orang yang mencari lailatul Qadar akan mendapatkan pahala yang nilainya lebih baik dari 1000 bulan amalan. Bayangkan, mendapatkan pahala yang lebih baik dari umur rata-rata orang Indonesia.
(3) Para Malaikat dan Malaikat Jibril turun pada malam tersebut dengan membawa kebaikan, rahmat dan keberkahan. Malaikat identik dengan kebaikan. Pada malam Qadar, Malaikat turun dengan izin Allah untuk menetapkan mati, hidup, rezki, untung baik, untung buruk dan sebagainya. Allah memberikan kesempatan setiap tahun kepada hamba-hambaNya untuk memperbaiki diri, banyak bermunajat kepada Allah, menghidupkan malam-malamnya dengan sholat dan mentadaburi (membaca dan memahami) Quran. Khusus di bulan Ramadan Allah meninjau ulang ketetapan-ketetapanNya QS Ar Rad (13): 39 "Allah menghapus apa yang Allah kehendaki dan menetapkan apa yang Allah kehendaki dan disisiNYA terdapat Ummul-Kitab (lauh Mahfuzh)".
Therefore.......sisters and brothers in Muslim, do think about yourselves. Think 5000 years ahead or more ....where will be you? In Paradise or hell? If you do want to be in Paradise, you have to work on it ..... QS Al Israa (17): 19 "Barangsiapa yang menghendaki kehidupan akhirat dan berusaha ke arah itu dengan sungguh-sungguh sedang ia adalah mukmin, maka mereka itu adalah orang-orang yang usahanya dibalasi dengan baik". Key wordnya sisters and brothers adalah "berusaha". Work on it!!! Plan your next life! Take a leave and start this Ramadan to work for your next life!Hope this little reminder bring something to your mind and heart.Ya Allah, Engkau Maha Pemaaf, menyukai maaf, maka berilah maaf kepadaku.................( doa Nabi Sallallahualaihiwasallam di malam-malam menunggu lailatul Qadar, Hadis Shahih diriwayatkan oleh At-Tirmidzi)
Ernita

0 comments: