Zuppa Soup

Monday, September 15, 2008

Awalnya aku lihat ada yang jual makanan untuk buka puasa di komplek perumahan tetangga, makanan hotel bintang 5 (katanya). Salah satunya yaitu Zuppa-Zuppa Soup. Dah lama juga ga makan makanan ini, karena biasanya makanan ini cuma bisa ditemuin (gratis) di kondangan-kondangan yang diadain di gedung-gedung pernikahan. Akhirnya aku belilah makanan itu, sampe 2 hari berturut-turut buka puasa pake Zuppa-Zuppa Soup.



Tertantang juga pengen buat sendiri, aku coba-coba tanya sama Om Google, eeh... ketemu juga resepnya. At someone's blog, ada yang bilang kalo nama Zuppa-Zuppa soup ini sebenernya aneh, karena Zuppa itu dalam bahasa Itali artinya ya sup. Jadi, kalo diterjemahkan makanan ini namanya Soup Soup Soup Roll .



Zuppa-Zuppa soup ini makanan yang terdiri dari cream soup yang di atasnya ditutupi puff pastry (semacam croissant gitu, deh..). Untuk bikin puff pastry sendiri aku sebenernya belom pede, akhirnya dapet info kalo ada adonan puff pastry yang udah jadi yang dijual di Carrefour.



So, the next day aku hunting ke Carrefour dan go straight to tempat jualan roti-roti dan tanya sama Mas-mas yang ada di situ, " Mas, ada jual puff pastry ga?". Trus, si Mas-mas itu jawab,"Ada, Bu..". Alhamdulillah.... Way Too Happy . Trus aku tanya, "Berapa harganya, Mas?". Si Mas-mas itu jawab," Sebentar diliat dulu ya, Bu..". Setelah nunggu beberapa saat, ternyata harga satu kilo Puff Pastry Dough itu Rp 48.000,-. Wuiih... lumayan mahal juga ya? Akhirnya aku bilang sama Mas-mas itu kalo aku mau beli setengah kilo aja. Aku juga minta supaya dipress (he..he... bener-bener terima jadi ajaaahhh...). Setelah dapetin puff pastry, aku langsung cari lagi bahan-bahan yang lainnya. Alhamdulillah, ketemu semua, kecuali chicken powder (ga usah pake, deh.. kan dah ada kaldu ayam, itu juga beli yang bentuknya kotak-kotak aja..).

Besoknya aku mulai buat zuppa-zuppa soupnya. Karena puff pastrynya udah ready, jadi tinggal bikin cream soupnya aja.

So, ini dia penampakannya si Zuppa-zuppa soup made by Defi Perfecto .


Rasanya? Kalo kata si Ade (my sister), "Enak, Mbak! Tapi cream soupnya terlalu kental,". He..he.. iya, sih.. soalnya, agak banyak masukin tepung terigunya. But, not bad, laaah... namanya juga eksperimen.

Oh iya, ini resepnya:

PUFF PASTRY:

Bahan:

  • 1 kg Tepung terigu protein tinggi
  • 550 kg Air
  • 30 gr gula pasir
  • 15 gr garam
  • 50 gr telur (+/- 1 butir)
  • 100 gr margarine
  • 500 gr korsvet (katanya ini mentega khusus pastry, tp kalo ga pake inipun katanya jadi juga sih, puff pastrynya)

Cara membuat:

Aduk tepung terigu dan gula pasir, tuangi air dan telur, diuleni hingga rata, masukkan metega dan garam. Uleni terus hingga setengah kalis.

Taruh dalam wadah tertutup, istirahatkan adonan selama 20 menit, di kulkas. Setelah didiamkan, gilas adonan memanjang, letakkan pastry margarine (korsvet) di tengahnya, lipat, lalu gilas dengan lipatan tunggal. Istirahatkan 5 menit di kulkas. Gilas lagi, lipat lagi. Lakukan hingga 3 kali lipatan.

Terakhir, gilas tipis, dan buat model sesuai selera dan besarnya sesuaikan dengan ukuran mangkuk/wadah cream soup.

CREAM SOUP:

Bahan:

  • 100 gr jamur kaleng, cincang
  • 150 gr ayam rebus, potong dadu
  • 50 gr bawang bombay, cincang
  • 1,5 lt kaldu ayam
  • 250 ml susu evaporated (atau susu UHT biasa juga OK)
  • 50 gr tepung terigu
  • 100 gr mentega
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • 2 sdt garam
  • 1 sdt chicken powder

Cara membuat:

Panaskan margarin, tumis bawang bombay sampai layu, masukkan terpung terigu, aduk rata, biarkan terigu matang, tuangi susu dan kaldu, aduk rata, biarkan mendidih, pindahkan ke dalam panci.

Masukkan ayam, jamur dan bumbu lainnya, aduk rata. Tes cicip, bila sudah pas, matikan api. Tuang sup ke dalam mangkuk keramik tahan panas (di sini aku pake mangkuk alumunium foil), tutup bagian atasnya dengan adonan pastry. Oven hingga pastry matang coklat kekuningan. Angkat, sajikan panas.

*Recipe by aboutchocolate.

7 comments:

Anonymous said...

boleh donk icip-icip :)

Defi said...

@h4riss silakan dicicip... he..he..

The Diary said...

wah dah mulai rajin posting ya mbak... semangat deh... rajin masak pula :)

Defi said...

@lyla yaah, kalo ada waktunya mah Insya Allah rajin posting.. makasih ya lyla :D

Anonymous said...

Pengen zupa-zupa soup....

Defi said...

@dhie mau dibuatin? he..he..

erlin said...

tfs mba... numpang nyontek n dicobain, ternyata suksees! thx ya... :)