Belajar Membuat Cupcakes

Friday, February 27, 2009

Tanggal 22 Februari yang lalu aku datang ke sebuah Launching Buku "Serba Serbi Cupcakes" yang ditulis oleh Ibu Lizzarni. Launching buku ini tidak seperti launching buku biasa, karena bukunya mengenai membuat cupcakes mulai dari pembuatan, menghias dengan topping yang lucu-lucu dan cara bisnis cupcakes, jadi ada pelatihan membuat cupcake nya juga. Acaranya seru banget, karena disana kami diberikan beberapa cupcakes yang sudah jadi untuk dihias dengan topping yang sudah disiapkan berupa buttercream warna warni, coklat praline dan juga fondant yang bisa dibentuk menjadi berbagai macam bentuk sesuai dengan kreativitas dan imajinasi kita dan semuanya bebas-bebas aja...hehehe... Dan tentunya yang paling mengesankan adalah hadirnya Chef Bara Pattiradjawane, tukang masaknya acara "Gula-Gula" yang ngetop itu...hihihi...! Chef Bara hadir karena beliau juga memberikan endorsement di dalam buku karya Ibu Lizzarni itu.

Anak-anakku, begitu tau kalau Bundanya habis ikut pelatihan membuat cupcake dan mereka juga sempat membaca bukunya, langsung aja deh...nodong Bunda untuk membuat cupcake dan yang dahsyatnya juga, mereka mau menghias sendiri cupcakenya. Selama beberapa hari todongan itu belum bisa aku penuhi, karena aku juga belum sempat belanja bahan-bahannya, akhirnya setelah mereka teriak-teriak terus minta dibuatkan cupcake, akupun meluangkan sedikit waktu untuk membuat cupcake.

Janji harus ditepati. Karena itu, hari jumat, aku ikhlas untuk tidak mengikuti kajian dulu demi untuk membuat cupcake buat anak-anakku. Alhamdulilah, akhirnya aku membuat cupcake sifon cokelat (karena Adit Alif doyannya coklat). Setelah cupcake nya matang, akupun menyiapkan topping-topping untuk hiasan cupcakes itu. Lumayan banyak juga macamnya yang aku siapkan. Aku membuat royal icing warna-warni, buttercream warna warni, cokelat warna-warni dan juga fondant. Tapi kali ini fondantnya hanya untuk menutupi bagian atas cupcake untuk kemudian Adit Alif menggambar di atasnya dengan memakai edible marker (spidol khusus untuk membuat kue & bisa dimakan). Adit Alif senang sekali bisa ikut menghias cupcakes nya. Begitu selesai, saking sudah ngences, mereka langsung makan hasil karyanya...hahaha...! (waktu sudah selesai makannya, Mas Adit baru bilang,"Yaah, Bunda...tadi lupa belum difoto kuenya ya?...hehehe..")

So, inilah hasilnya cupcake buatanku, yang masih belajar, masih berantakan disana-sini, bentuk cupcakenya juga belum sempurna, masih ada yang bulat dan ada yang lonjong...hehehe...! Selamat menikmati...! :)


8 comments:

Quinie said...

huaaa mba def, maumaumaumau makan kuenya *bukan belajar bikin cupcake nya* xixixi

Joe said...

Wah bikin laper deh jadinya. asik deh pastnya bikin kue

Defi said...

@quinie...sering2 mampir aja, Insya Allah nanti bisa "menikmati gambar cupcake" buatan mb Defi...hehehe...

namaku wendy said...

huaaa masak aja gak bisa boroboro bikin cupcakes, nangis aja deh ngarep dkasih hehehe bisanya cuma makan doang, bagian bersih2 meja:p

Defi said...

@namaku wendy, mbak defi jg ga bs masak, wen...hehe..tp seneng bikin kue..aneh kan?

WoeL said...

kalo ga punya bakat bikin kue bisa jadi gak ya cucakes nya?hehehe

Diary Pink said...

maap mbak defi... baru mampir.. hehe... kalo aku ke tempat mbak defi nyicipi ya kue nya hehehe...

Promotion Cupcake said...

Tuan Blog Saya nak minta izin iklan satu produk Cupcake disini boleh tak.hehe..

Sesiapa yang ingin belajar membuat cup cake sendiri dari A-Z boleh dapatkan Video CD nya di Blog Cara Membuat Cupcake. Harga RM90. Video ini dihasilkan oleh Puan Shida (pembuat cupcake)

Dalam video itu akan ditunjukkan step by step cara membuatnya. Saya jamin anda akan berjaya membuatnya sendiri dirumah selepas mengikut cara2 yang ditunjukkan.