Alif's Field Trip, Naik KRL

Saturday, February 6, 2010

Pagi tadi, Alif sudah bangun sejak jam 5 dan sudah tidak sabar untuk segera mandi dan berpakaian. Kenapa, Dek? Semangat benerr...! Hehe...Soalnyaa...Alif hari ini mau Field Trip dengan sekolahnya, kunjungan edukasi ke Stasiun Kereta Sudimara (Bintaro, Tangerang) dan naik KRL (Kereta Rel Listrik) dari Stasiun Sudimara menuju Stasiun Tanah Abang, Jakarta. Nggak cuma Dek Alif yang excited, Mas Adit juga ga kalah hebohnya, karena boleh ikut naik KRL juga, tapi jadi bolos ekskul renang deh..hehehe...

Setelah selesai berpakaian dan sarapan, Alif dan Mas Adit berangkat diantar Bunda ke sekolah dulu. Karena memang harus kumpul di sekolah dulu untuk diabsen. Sampai di sekolah, Alif langsung bergabung dengan teman-teman sekelasnya untuk diabsen dan kemudian bersama-sama teman-teman naik mobil yang disewa sekolah menuju Stasiun Sudimara. Bunda dan Mas Adit berangkat dengan mobil sendiri ke Stasiun Sudimara.

Tiba di Stasiun Sudimara, murid-murid kelas 1 dan 2 SDIT As Salaamah (Field Trip ini hanya diikuti oleh murid-murid kelas 1 dan 2)disambut oleh PKD (Petugas Keamanan Dalam) Stasiun Sudimara dan diberi sambutan oleh wakil Kepala Stasiun Sudimara. Setelah mendengarkan sambutan, murid-murid dipersilakan untuk mengambil tiket kereta di loket stasiun.



Setelah itu, murid-murid dipersilakan untuk melihat-lihat ruang kantor, ruang loket dan ruang PPKA (Pengatur Perjalanan Kereta Api) secara bergiliran. Di ruang PPKA, Dek Alif juga diberi kesempatan untuk memakai topi petugas PPKA. Nih dia fotonya...



Kemudian, tanda peluit kereta yang kami tunggu berbunyi. Kami semua bersiap-siap berdiri di peron untuk naik KRL. Akhirnya, kereta KRL Ciujung jurusan Serpong-Tanah Abang pun tiba. Kami semua naik ke gerbong nomor 1 dan 2. Gerbong No.1 untuk murid-murid kelas 1 dan gerbong No.2 untuk murid-murid kelas 2. Dua gerbong ini disewa khusus untuk sekolah kami, jadi tidak bercampur dengan penumpang-penumpang lainnya. Kereta KRL Ciujung ini adalah kereta AC ekonomi. Jadi dengan tiket yang murah, hanya Rp 4.500,-, kita sudah bisa naik KRL yang sejuk, karena ber-AC ^_^.





Setelah kami semua naik ke dalam gerbong kereta, kereta pun mulai berangkat. Namun, kami harus mengikuti kereta menuju Stasiun Serpong dahulu, sebelum berbalik ke arah Stasiun Tanah Abang. Dari Stasiun Sudimara, kereta mulai bergerak dan kemudian berhenti sejenak di Stasiun Rawa Buntu (eh, Stasiun Rawa Buntu ini letaknya di BSD, lho..! Dekat deh dengan rumah kami di Delatinos). Setelah berhenti di Stasiun Rawa Buntu, KRL melanjutkan perjalanan menuju Stasiun Serpong. Di Stasiun Serpong ini kereta berhenti agak lama, sekitar 15 menit untuk menaikkan penumpang.

Akhirnya, berangkatlah kami dari Stasiun Serpong, menuju Stasiun Tanah Abang. KRL kembali melewati Stasiun Rawa Buntu dan berhenti sejenak untuk menaikkan penumpang, kemudian ke Stasiun Sudimara lagi dan juga menaikkan penumpang. KRL ini, karena merupakan KRL Ekonomi, maka selalu berhenti di setiap stasiun yang dilewati untuk menaikkan penumpang. Dari Stasiun Sudimara, KRL berjalan dan kemudian berhenti sejenak di Stasiun Jurangmangu, Bintaro. Dari Stasiun Jurangmangu, pemberhentian selanjutnya adalah Stasiun Kebayoran Lama. Setelah berhenti sejenak di Stasiun Kebayoran lama dan menaikkan penumpang, KRL berjalan lagi dan berhenti di Stasiun Palmerah.

Selama perjalanan di dalam KRL, Alif dan teman-temannya sangat menikmati perjalanan dan dengan serius mendengarkan informasi-informasi stasiun-stasiun yang dilewati oleh petugas PKD. Saking senangnya melihat pemandangan, sampe kompak Alif dan teman-temannya berlutut di kursi dekat jendela.



Di sepanjang perjalanan, Bapak dan Ibu guru juga memberikan kuis dan permainan serta membagikan hadiah untuk murid-murid yang berhasil menjawab kuis yang diberikan.

Di perjalanan, murid-murid secara bergiliran diberi kesempatan untuk melihat ruang masinis dan mengamati apa saja yang dilakukan oleh masinis KRL.



Tidak lama setelah KRL melanjutkan perjalanannya dari Stasiun Palmerah, kami pun tiba di Stasiun Tanah Abang. Tapi di Stasiun ini kami tidak diperkenankan turun dari kereta (kecuali jika ingin ke kamar kecil), karena kami langsung akan berangkat lagi menuju Stasiun Sudimara. Setelah menaikkan penumpang di Stasiun Tanah Abang, KRL Ciujung melanjutkan perjalanan kembali menuju Stasiun Sudimara.

Sekitar 30 menit kemudian, KRL pun tiba di Stasiun Sudimara dan kami turun di Stasiun itu untuk kemudian kembali ke sekolah dan pulang ke rumah. Dek Alif dan Mas Adit senang sekali hari ini bisa jalan-jalan bersama-sama teman-teman di sekolah naik KRL. Oh ya, ternyata, KRL Ciujung ini setiap hari minggu dipakai menjadi Kereta Wisata menuju Taman Impian Jaya Ancol. Dengan tiket seharga Rp 21.000,- kita sudah bisa naik kereta ke Ancol. Tiket kereta wisata ini sudah termasuk tiket masuk ke Taman Impian Jaya Ancol. Kapan-kapan boleh dicoba nih...! Insya Alloh... :)

9 comments:

Bunda Nayla said...

Wah PAsti seru ya perjalanannya, Nay juga blm pernah naik kereta api, kecuali yg di time zone. Kapan2 ah naik KRL seperi Bang Adit :)

Darin said...

Pengalaman yang mengasyikkan tentunya.
Salam kenal :)

gajah_pesing said...

perjalanannya kelihatanya sangat menarik sekali... padahal saia sering naik kereta tapi cuma sendirian aja, hiks...

Defi said...

@bunda nay, iya tuuh..seneng banget mereka...
@darin, salam kenal jugaa!!
@gajah, memang lebih seru kalo rame2 yaa :)

erni said...

Seru banget pasti perjalanannya, sayang di kalimantan ga ada kereta Api, :(

Aqiqah said...

meninggal kan jejak..
sob kunjungi web aye y..thanks
Paket Aqiqah - Aqiqah Murah

Anonymous said...

blog nya mantab:)

Baju Anak said...

salam kenal

Alat kesehatan said...

berkunjung sob..


Alat Bantu dengar-Harga alat bantu pendengaran